Inflasi Aceh Terendah di 2023, Aceh

Data inflasi secara nasional September 2023 yang disampaikan Irjen Kemendagri, Tomis Tohir Balaw saat Rakor Pengendalian Inflasi secara virtual, Selasa (03/10/2023).(foto: Kemendagri RI)

Aceh menjadi salah satu provinsi dengan inflasi terendah di Indonesia pada tahun 2023. Menurut data dari Bank Indonesia, inflasi Aceh pada bulan Oktober 2023 hanya sebesar 1,95 persen (yoy), lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,08 persen (yoy).

Inflasi Aceh terendah di Sumatera dan urutan ketiga terendah se-Indonesia, setelah Papua dan Maluku Utara. Hal ini menunjukkan bahwa Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Daerah (GNPID) yang dilakukan oleh pemerintah daerah, Bank Indonesia, dan pemangku kepentingan lainnya berhasil menjaga stabilitas harga di Aceh.

Salah satu faktor yang menekan inflasi Aceh adalah rendahnya kenaikan harga bahan makanan, terutama daging sapi, telur, dan bawang merah. Selain itu, harga transportasi dan komunikasi juga relatif stabil, seiring dengan penurunan harga BBM dan tarif internet.

Inflasi rendah di Aceh memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, karena dapat meningkatkan daya beli masyarakat, menarik investasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Aceh diperkirakan sebesar 3,76 persen, didorong oleh sektor pertanian, perdagangan, pertambangan, konstruksi, dan transportasi.

Pemerintah Aceh berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia dan instansi terkait lainnya untuk mengawal inflasi di daerah. Selain itu, pemerintah Aceh juga berupaya untuk mengoptimalkan sumber daya lain yang dapat mendukung pembangunan ekonomi, seperti pariwisata, industri kreatif, dan ekonomi syariah.

Posting Komentar untuk "Inflasi Aceh Terendah di 2023, Aceh"